Sejak kelahirannya dulu motor Vespa diciptakan dalam beberapa model yang yang sangat beragam. Vespa PX salah satu legenda skuter dari pabrikan Piaggio Italia. Piaggio pertama kali memproduksi Vespa PX tahun 1975 dengan varian 125 cc , 150 cc, dan 200 cc bermesin 2 tak transmisi manual.
Vespa P125X di perkenalkan kepada publik pada tahun 1977 pada Pameran Sepeda Motor di Milan sebagai “New Line” Vespa (generasi baru). Vespa P125X ini adalah hasil dari desain ulang yang inovatif dan sukses, yang mengambil di tahun 80-an dan membuat istirahat dengan model sebelumnya. Vespa P125X menjadi objek idaman kaum muda, dalam persaingan dengan tingginya permintaan untuk sepeda motor 125 cc.
Vespa PX 125 dengan bentuk persegi dan ukurannya lebih besar membuat kendaraan ini terlihat lebih padat dan tahan lama, memberikan kenyamanan berkendara lebih baik secara keseluruhan. Jok lebih besar, dan kursi busa polyurethane membuatlebih nyaman. Setang menampilkan speedometer sepenuhnya ditata dalam terlihat jelas bahkan pada malam hari.
Suspensi depan sangat inovatif dan efektif, dan ditandai oleh shock absorber teleskopik tetap ke pintu sepatu rem dan tuas berosilasi di sekitar poros roda: solusi ini menghilangkan efek shock yang terlalu tenggelam atau terlalu turun saat pengereman. Selain itu, fender depan desain baru yang menyisakan ruang untuk suspensi roda. Vespa PX adalah salah satu model paling sukses yang pernah diproduksi oleh Piaggio, sebagai Sebenarnya, meskipun selama 27 tahun masih diproduksi dengan perubahan estetika dan mekanik hampir tak terlihat. Model yang dipamerkan di Musium Piaggio memiliki kedua panah depan dan belakang,
Kemudian ada juga model P 200 E yang telah menggunakan pengapian secara elektronik sesuai dengan kode huruf “E” pada nama serinya. Lalu pada tahun 1978 muncul pula seri dengan mesin 150 cc yang memakai kode produksi P 150 X dan pada tahun 1981 muncul pula seri PX 80.
Sistem pengapian elektronik ini kemudian diterapkan juga pada model lain yang disebut Vespa PX 125 dan Vespa PX 150E, dan pada tahun 1982 Vespa P 200 E kemudian kemudian dikenal dengan nama PX 200E.
Setahun kemudian Vespa seri Arcobaleno diperkenalkan sebagai model untuk dipasarkan di luar negara Italy sebagai seri Lusso, dengan inovasi teknologi baru berupa pemisahan tempat bahan bakar dan oli samping. Selain itu kampas rem depan juga dirubah posisinya menjadi lebih terpusat dengan kabel yang terpisah untuk memudahkan perawatan. Lalu kunci kontak juga dibuat menyatu dengan kunci leher stang. Beberapa penyesuaian kecil juga terlihat pada bagian tubuh seri Vespa ini, misalnya desain baru pada bagian hidung ataui grille yang merupakan rumah tinggal bagi klakson, ukuran box peralatan yang berada dibawah stang juga mengalami perubahan dengan ukuran yang lebih besar.
Pada tahun 1985 motor-motor bergaya sport dari pabrikan lain menggebrak pasar otomotif dunia, sehingga Vespa sedikit mengalami penurunan penjualan. Pada tahun 1992 bertepatan dengan ulang tahun Vespa yang ke-50 skuter Vespa ini ditawarkan dengan mesin T5 dan bodi dari model PX yang kemudian dipasarkan dengan nama PX 125 T5 classic.
Di Indonesia sendiri memasuki tahun 90-an hadir model Vespa Exclusive sebagai pengembangan dari Vespa PX yang mempunyai sedikit perubahan pada bagian mesin dan bodinya. Misalnya yang jelas terlihat adalah bagian lampu sein dan tempat oli samping yang sudah terpisah. Lalu di tahun 1992 juga muncul Vespa Excel dengan bodi yang lebih besar dan teknologi starter elektrik untuk kemudahan pengendaranya.
Memasuki era milenium baru pada tahun 2003 hadir Vespa PX 200 Millenium yang memiliki daya maksimum sebesar 12 Bhp dengan kecepatan maksimal sebesar 95 km/jam dan sudah memenuhi standar uji emisi gas buang Euro 2. Sayangnya pada tahun 2007 Vespa PX harus berhenti produksi karena tidak memenuhi standar uji emisi gas buang Euro 3 dan penjualan terakhirnya diberi nama seri Ultima (seri terakhir) sebagai edisi terbatas yang memiliki windshield dan rak bagasi depan berlapiskan krom serta velg krom dengan ban strip putih (white wall).
Pada tahun 2011 Piaggio kembali memproduksi Vespa PX dengan nama New PX 150 yang diperkenalkan melaui pameran EICMA Show di kota Milan setahun sebelumnya. Mesin Seri PX terbaru ini masih menggunakan desain mesin 2-stroke dengan kapasitas 125 dan 150 cc dari seri sebelumnya, namun pada PX 150 terbaru ini mengalami penambahan sebuah analytic converter yang berfungsi agar gas buang yang dihasilkannya memenuhi standar Euro 3. Jok New PX 150 2011 dibuat menyatu untuk lebih memberikan kenyamanan kepada penumpangnya. Selain itu fitur starter elektrik juga turut memberikan kemudahan untuk menyalakan mesin Vespa PX terbaru ini.
Ditengah ramainya kehadiran motor matik, Piaggio justru memepertahankan style-nya pada model Vespa New PX 150 ini, dengan ciri khas mesin 2 tak yang sangat responsif dan bodi PX yang klasik motor ini mampu menarik minat para penggemar fanatiknya.
0 comments:
Post a Comment