Vespa Super merupakan hasil pengembangan dari Vespa 150 (VBB)berbeda dengan Vespa Sprint yang sebenarnya merupakan hasil pengembangan dari Vespa GL (Grand Lusso). Vespa Super didesign lebih bersiku dan bersudut menggantikan lekukan - lekukan yang halus pada Vespa terdahulu (ndog). Mulai diproduksi sejak tahun 1965 hingga 1979 dalam dua varian yaitu Vespa Super dengan kapasitas mesin 150cc dengan serial rangka VBC1T dan 125cc dengan serial rangka VNC1T.
Vespa 150 (VBB), pelopor lahirnya Vespa 150 Super
Vespa 150 Super (VBC) keluaran tahun 1966 - 1967, dengan ciri logo Piaggio berbentuk persegi empat dan tulisan italic "Vespa Super" dengan bahan alumunium berwarna biru gelap
Vespa 125 Super (VNC), hanya diproduksi tahun 1965 hingga tahun 1969 dan keberadaanya sangat langka
Pada perkembangannya, Vespa Super mengalami beberapa kali perubahan design yang dilakukan guna memenangkan persaingan dengan produk motor jepang kala itu dan menghindari kejenuhan pasar. Adapun perubahan design yang terdapat pada Vespa Super yaitu perubahan warna karet handgrip dan karet lis tepong yang awalnya berwarna abu-abu pada Super keluaran tahun 1966 hingga 1972 kemudian berganti warna menjadi hitam hingga akhir produksi Vespa Super. Headset/Stang berbentuk bulat dapat ditemukan pada Vespa Super keluaran tahun 1966 - 1973 (sebagian kecil juga pada Super keluaran tahun 1974) lalu Piaggio mendesign ulang lampu depan Super berbentuk trapesium hingga akhir produksi tahun 1979. Selain dari itu perubahan design pada Vespa Super sering kali disebabkan oleh peraturan keamanan berkendara di suatu negara. Berikut akan beberapa perubahan pada Vespa Super:
Piaggio Badge
Piaggio Badge on Super 1965 - 1967
Piaggio Badge on Super 1968 - 1979
Piaggio Emblem
Dark Blue Emblem 1966 - 1967
Silver Emblem 1968 - 1972
Bold Emblem 1973 - 1979
Tail Light
Siem Tail Light 1966 - 1967
Siem Tail Light 1968 - 1979
Pada dasarnya bodi Vespa Super merupakan versi yang didesign lebih kecil dari Vespa Sprint. Vespa Super menggunakan lingkar roda berukuran 8 hingga akhir masa produksinya, berlawanan dengan Vespa Sprint yang diproduksi bersamaan dan hanya menggunakan lingkar roda 10. Perbedaan lain yang ada antara Vespa Super dan Vespa Sprint ialah jumlah garis ventilasi udara pada engine cowl/tepong mesin, pada Super terdapat 5 garis ventilasi sedangkan pada Sprint berjumlah 6 garis ventilasi udara. Vespa Super memiliki lis alumunium pada kedua tepongnya namun tidak memiliki lis serupa pada mudguard/spakbor seperti yang terdapat pada Vespa Sprint.
Warna Vespa 150 Super sebagai berikut:
Biru, Max Meyer Paint
Merah, Max Meyer Paint. Terdapat pada Vespa Super lansiran 1966-1967
pada pertengahan tahun 70an, Piaggio memberikan otoritas pada Danmotor Indonesia selaku importir resmi saat itu untuk melakukan perakitan dan pengecatan pada Vespa sehingga lahirlah warna-warna baru seperti hijau, dan putih setahu yang saya ketahui meskipun tetap tidak menutup kemungkinan adanya warna lain pada Vespa Super.
0 comments:
Post a Comment