Friday, June 29, 2018



Sekitar tahun 1946-1968 atau setelah perang dunia II, ternyata Jepang juga punya skuter dengan model eksotis. Skuter yang dijuluki ‘ Kelinci ’ ini sangat laris di masanya. Bahkan setelah ditelusuri, usianya 6 tahun lebih tua dari skuter buatan Italia, dan modelnya pun gak kalah keren dari Vespa.

Awalnya, perusahaan pembuat skuter yang diberi nama Fuji Rabbit Superflow S601, ini merupakan perusahaan pembuat pesawat tempur pada masa Perang Dunia II, bray. Sebelum berganti nama, perusahaan ini bernama Nakajima Aircraft Co yang memproduksi berbagai pesawat militer dari berbagai jenis.





Sejak menyerahnya Jepang pada tahun 1945, perusahaan ini dibubarkan dan berganti nama menjadi Fuji Sangyo Co yang akhirnya hanya berkonsentrasi memproduksi segala kebutuhan transportasi sipil.

Pada Tahun 1946 lahirlah skuter pertama yang dikasih nama Fuji Rabbit dengan seri S-1 atau skuter pertama dari pada skuter yang paling populer di dunia, Vespa. ‘Si Kelinci’ mulai masuk ke benua Amerika pada tahun 1957 dengan seri S-601 yang mengusung mesin 200 cc dan sekitar 74.694 unit terjual pada saat itu, bray.





Namun sayang nih, bray. Karier Fuji Rabbit terhenti di tahun 1968 bradsis, dikarenakan banyak anak perusahaan dari Fuji Sangyo Co yang berpaling, seperti Malcolm Bricklin, distributor di Kanada yang merintis perusahaan roda empat untuk Subaru yang telah kita kenal hingga saat ini.

Sejauh ini, sang Kelinci sudah berlompat keliling dunia di sekitar Kanada (Quebec & Alberta ), Amerika Serikat (Ohio , New York , Texas , Virginia , California & Florida ), Australia (Adelaide & Queensland ) , Israel dan Jepang (Tokyo & Osaka ), dan enggak heran bray, skuter ini menjadi salah satu buruan para kolektor motor antik.


0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.

Entri yang Diunggulkan

SEJARAH PIAGGIO VESPA, SKUTER FENOMENAL YANG TAK TERGERUS JAMAN

Siapa tak kenal Piaggio, sebuah perusahaan asal Italia yang memproduksi motor berjenis skuter dan bernama Vespa. Piaggio didirikan ol...

Post Populer