Friday, June 29, 2018

Vespa Smallframe adalah sebutan untuk jenis Scooter asal Itali dengan dimensi serba compact alias ngirit . Kalau ditinjau dari asal usul pembuatan scooter ini oleh Corradano D’Ascanio, kenapa di desain sedemikian rupa, karena hal itu merupakan tuntutan pasar, dimana waktu itu serbuan motor dari Jepang yakni Honda Super Cub (C50), dan begitu mewabahnya Moped (sepeda motor bermesin 50cc) dikawasan Eropa. 

Nah untuk itu, guna mengobati rasa haus scooterist akan scooter dengan desain ramping, mungil serta irit konsumsi bahan bakar, maka pada tahun 1963 muncullah Vespa Small Frame dengan mesin 50cc untuk pertama kali di negeri Pizza sana, sebagai produk kebanggaannya.

Di Indonesia Vespa Smallframe pertama kali dilaunching pada tahun 1976 dan berakhir masa edarnya pada tahun 1984. Pada awal pertama kali digelontorkan kepasar otomotif roda dua negeri ini, Special90 dibekali dengan mesin 2 langkah berkapasitas 90cc. Scooter buatan PT. Dan Motor Indonesia atas lisensi dari Piaggio Itali ini memberikan angin segar tersendiri dipasar motor waktu itu. Bagaimana tidak, ditengah serunya persaingan sepeda motor berkapasitas dibawah 100cc dengan teknologi 2 langkah, yang waktu itu hanya dihuni oleh duo samurai Jepang yakni Yamaha dan Suzuki dengan flagshipnya masing-masing, Vespa memberikan alternatif tunggangan bagi para calon konsumen untuk menengok keproduknya.

Lantas dua tahun setelahnya, PT. Dan Motor Indonesia merilis varian PTS berkapasitas 100cc. Hampir mirip dengan sang kakak, detail modelnya tidak banyak mengalami ubahan secara keseluruhan. Hanya pada kubikasi mesin yang membengkak menjadi 99cc, dengan bore x stroke = 49mm x 51mm, dan mengaplikasikan karburator Dell Orto 19. Pada varian P100TS ini, motor mampu digeber pada batas kecepatan 90 kphDan dibawah ini adalah beberapa macam Vespa Smallframe yang telah diproduksi oleh Piaggio.


VESPA 50 R

DESKRIPSI





VESPA 50 N

DESKRIPSI


VESPA 50 S

DESKRIPSI
VESPA 50 SPRINTER

DESKRIPSI

VESPA 50 ELESTART

DESKRIPSI
VESPA PK50

DESKRIPSI

VESPA 90

DESKRIPSI


VESPA 90 SUPER SPRINT

DESKRIPSI


VESPA 90R

DESKRIPSI



VESPA 100 (V9B1T)

DESKRIPSI


VESPA 100 SPORT

DESKRIPSI

Vespa125 (VMA1T)

DESKRIPSI
VESPA125 PRIMAVERA ET3

DESKRIPSI

VESPA PK125

DESKRIPSI

VESPA PK125S ELESTART


DESKRIPSI







1 comment:

  1. terimakasih infonya min. artikelnya menarik, saya tertarik membacanya
    kunjungi saya di bawah ini yaaa
    http://ppns.ac.id/
    https://ppnsardhasnugroho.wordpress.com/

    ReplyDelete

Powered by Blogger.

Entri yang Diunggulkan

SEJARAH PIAGGIO VESPA, SKUTER FENOMENAL YANG TAK TERGERUS JAMAN

Siapa tak kenal Piaggio, sebuah perusahaan asal Italia yang memproduksi motor berjenis skuter dan bernama Vespa. Piaggio didirikan ol...

Post Populer