Friday, June 29, 2018


VESPA 125 SEI GIORNI

Sei Giorni diterjemahkan sebagai Six Days (6 Hari). Dinamakan demikian karena pada era 50-an, jauh sebelum adanya Rally Paris-Dakkar, ada kompetisi klasik International selama 6 hari yang diikuti oleh pabrikan di Eropa. Kompetisi ini untuk menguji ketahanan dan keandalan mesin dengan menembus hutan, bukit dan pegunungan di Eropa. Menjadi kebanggaan tersendiri bagi pecinta Vespa jika memiliki tipe ini.


Kerasnya lomba dan ketatnya suasana kompetisi memaksa pabrikan-pabrikan untuk mengeluarkan versi terbaik dari lini produksi mereka. Konon, pemenang lomba ini dipercaya akan meningkatkan volume penjualan di kemudian hari.

Vespa pun ambil bagian dalam perlombaan ini dengan menciptakan model Sei Giorni yang mirip dengan Vespa lansiran 1951 yang dipersenjatai mesin berkapasitas 125cc. Perbedaan hanya pada sayap yang lebih ramping, membulat seperti perahu. Tangki bahan bakar dibuat lebih besar untuk kapasitas yang lebih banyak.

Suspensi depan dan belakang dibuat lebih kokoh dan penggunaan tangki yang lebih besar. Torsi mesin juga diperbesar agar bisa menembus ganasnya medan perbukitan. Bagian tepong kanan juga dibuat lebih besar untuk mengakomodasi karburator di atas silinder box.

Ban serep ditempatkan di bawah dek supaya memudahkan pembalapnya dalam mengganti ban saat berkompetisi.



Melalui Piaggio Squadra Corse, mereka mengarungi salah satu balapan terberat dan bergengsi pascaperang hingga 26 seri di Varese. Awalnya 10 Vespa ini disambut sikap skeptis, namun ketika berhasil menaklukan jalur offroad dan tes kecepatan di Monza, Piaggio mendapatkan medali emas sebagai satu-satunya tim Italia yang memenangkan balapan.




Pada tahun 1951 dan 1953, Vespa memenangkan 4 kategori dan menjadi juara umum dalam perlombaan bergengsi ini. Vespa Sei Giorni hanya diproduksi selama 3 tahun dan populasinya tidak melebihi 300 unit.

Dan untuk mengapresiasi legenda Vespa ini,tahun 2018 ini Piaggio merilis Vespa Matic berbasis mesin GTS300 dengan balutan Sei Giorni.


0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.

Entri yang Diunggulkan

SEJARAH PIAGGIO VESPA, SKUTER FENOMENAL YANG TAK TERGERUS JAMAN

Siapa tak kenal Piaggio, sebuah perusahaan asal Italia yang memproduksi motor berjenis skuter dan bernama Vespa. Piaggio didirikan ol...

Post Populer