Friday, June 29, 2018



Kebanyakan orang menganggap Vespa merupakan skuter yang diproduksi di Italia. Anggapan itu memang tidak salah. Namun yang perlu diketahui, skuter tersebut ternyata juga pernah diproduksi di luar Italia, tepatnya di Inggris. Vespa yang diproduksi di Tanah Britania itu kemudian terkenal dengan nama Vespa Douglas.





Kehadiran Vespa Douglas berawal ketika perusahaan Douglas yang berbasis di Kingswood, Bristol, Inggris, yang sudah memproduksi motor sejak tahun 1907, mengalami kebangkrutan pada tahun 1948. Ketika berlibur ke Italia pada tahun 1948, Managing Director Douglas, Claude McCormack, membuat perjanjian dengan Piaggio untuk membangun pabrik Vespa di Bristol dengan lisensi dari Piaggio.

Kemudian, sebuah mesin Vespa rakitan Douglas dipamerkan di ajang Motorcycle Show di Earls Court pada tahun 1949. Namun, skuter ini baru benar-benar diproduksi dua tahun kemudian, tepatnya April 1951.


Awalnya, seluruh Vespa dibangun di Inggris. The Foundry Douglas mendapatkan item-item seperti bak kopling, kop silinder, pemindah gear, hingga tabung rem (tromol) dari toko mesin. Sebagian besar komponen-komponen tersebut diproduksi Pressed Steel yang berbasis di Birmingham, Inggris.

Namun setelah pengenalan model 152L2, suku cadang untuk Vespa dipasok langsung dari Piaggio yang berbasis di Italia. Sementara, Douglas hanya bertugas merakit model-model tersebut.





Selama rentang tahun 1951 hingga 1965, ada beberapa tipe Vespa Douglas yang berhasil diproduksi di Inggris, antara lain:
Rod, merupakan model Vespa yang mengacu pada istilah retro untuk perpindahan gear. Vespa ini mengambil spesifikasi skuter Piaggio keluaran tahun 1949. Rod diproduksi hanya 125 unit antara 1951-1955.
G Model, merupakan kelanjutan dari model sebelumnya dengan perubahan kabel gigi. Vespa ini diproduksi antara 1953-1954.
GL2, merupakan pembaruan dari model Piaggio 1949, terutama dari sasis dan port kembar pada mesin. Model ini diproduksi 1954-1955.
42L2, merupakan sebuah model baru yang telah menerapkan lampu depan ke sektor kemudi (stang). Model ini diproduksi tahun 1955-1956.
92L2, merupakan modifikasi model 42L2 dengan mengusung tangki bahan bakar yang lebih besar. Model ini dikembangkan tahun 1956-1959.
10L2, ini merupakan Vespa 92L2 namun sudah mengusung mesin berkapasitas 150cc yang diimpor langsung dari Italia. Model ini diproduksi tahun 1957.
15L2, merupakan model yang benar-benar baru. Bagian belakang dibangun dalam dua bagian, serta pembawa mesin yang disatukan dengan bak mesin. Model ini diproduksi tahun 1959 hingga 1960.
Sportique, merupakan generasi terakhir dari Vespa Douglas. Skuter ini mengusung mesin berkapasitas 125cc dan diproduksi mulai 1961 hingga 1965.

Pada tahun 1965, proses produksi Vespa Douglas berhenti setelah berhasil merakit sebanyak 126.230 unit. Setelah itu, Douglas hanya menjadi satu-satunya importir Vespa buatan Piaggio ke Inggris. Model seperti GS 150 didatangkan langsung dari Italia hingga tahun 1982.



0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.

Entri yang Diunggulkan

SEJARAH PIAGGIO VESPA, SKUTER FENOMENAL YANG TAK TERGERUS JAMAN

Siapa tak kenal Piaggio, sebuah perusahaan asal Italia yang memproduksi motor berjenis skuter dan bernama Vespa. Piaggio didirikan ol...

Post Populer